Ketahanan Destinasi Pariwisata

Ikuti Kursus Ketahanan Destinasi Pariwisata oleh PATA untuk mempelajari bagaimana cara membangun ketahanan destinasi pariwisata. Kursus yang berisi 10 modul ini menyajikan sertifikat mikro untuk setiap modulnya dan sebuah Sertifikat Penyelesaian Kursus bagi yang berhasil menyelesaikan hingga Kuis Akhir Kursus.

Tentang kursus

 

Kursus Ketahanan Destinasi Pariwisata dibuat oleh PATA untuk membantu membangun industri pariwisata yang lebih tangguh dengan membimbing destinasi dalam tahap pemulihan pasca COVID-19, dan yang lebih penting lagi, dengan mempersiapkan destinasi terhadap krisis di masa datang yang pasti akan terjadi.

Kursus ini mengapresiasi dan menggunakan berbagai referensi materi mendasar yang telah dikembangkan selama beberapa dekade terakhir sambil membangun strategi baru yang disesuaikan untuk era digital, pasca pandemi, termasuk masa pembatasan wilayah. Berbagai referensi berharga yang digunakan sepanjang kursus ini serta berbagai dokumen pilihan tersedia dan dapat Anda temukan di kolom pencarian PATA Crisis Resource Center.

Kursus ini menggabungkan antara Pengelolaan Destinasi, Tata Kelola Destinasi yang Bertanggungjawab, Penilaian Risiko, Pengelolaan Risiko, dan Kapasitas Adaptif untuk membangun kerangka ketahanan destinasi pariwisata yang komprehensif sebagai langkah penting untuk pengembangan pariwisata berkelanjutan.

Mari kita lanjutkan perjalanan Anda menuju Ketahanan Destinasi Pariwisata! Ikuti kursus ini dan klik pada modul di bawah ini untuk memulai.

Ikuti kursus ini untuk mulai mempelajari

 

Register to take the course

Login if you are already registered


Not available

Modul 1 – Pengenalan Ketahanan Destinasi Pariwisata

Modul pertama memperkenalkan definisi, kerangka kerja dan gambaran luas dari kursus Ketahanan Destinasi Pariwisata (KDP).
Not available

Modul 2 – Penilaian Risiko

Modul 2 menyajikan pentingnya penilaian risiko dan langkah-langkah penting saat melakukan penilaian risiko di destinasi pariwisata.
Not available

Modul 3 – Strategi Pengelolaan Destinasi Pariwisata

Modul ini memperkenalkan komponen utama pengelolaan destinasi pariwisata dan perumusan strategi untuk ketahanan.
Not available

Modul 4 – Perencanaan Darurat

Modul 4 menyajikan definisi, elemen kunci serta pemangku kepentingan yang terlibat dalam perencanaan darurat untuk destinasi pariwisata.
Not available

Modul 5 – Perencanaan Pasca-Krisis: Tanggap, Pikir Kembali, Pulih

Modul ini memperkenalkan kerangka kerja Tanggapi (Respond), Pikir Kembali (Rethink), dan Pulihkan (Recover) untuk perencanaan pemulihan destinasi pariwisata pasca-krisis.
Not available

Modul 6 – Pelatihan & Peningkatan Kapasitas

Modul 6 menyajikan kapasitas vital yang dibutuhkan pada setiap destinasi pariwisata untuk meningkatkan kapasitas adaptif dan ketahanannya.
Not available

Modul 7 – Infrastruktur dan Layanan yang Tangguh

Modul ini memperkenalkan hambatan utama -dan setiap solusinya- ketika mengembangkan infrastruktur dan layanan yang tangguh.
Not available

Modul 8 – Penawaran dan Permintaan Pasar Domestik & Regional

Modul 8 menyajikan tentang kebutuhan memperpendek rantai pasokan dan permintaan sebagai strategi yang paling efektif di saat krisis -serta untuk jangka panjang.
Not available

Modul 9 – Diversifikasi Penawaran Pariwisata

Modul ini menyajikan strategi diversifikasi untuk destinasi pariwisata sebagai alat untuk meningkatkan kapasitas adaptif mereka.
Not available

Modul 10 – Keberlanjutan sebagai Keunggulan Kompetitif

Modul 10 menyajikan bagaimana ketahanan dan keberlanjutan jangka panjang saling berkaitan untuk masa depan destinasi pariwisata yang lebih tangguh.